BZWI8C3qMxmdvudEkXnedhGzdjepF89oa9U6FDLb

Artikel Pilihan

Pastikan 3 Hal ini Sebelum Bergabung dengan Bisnis Jaringan Agar Tidak Kecewa

Pembaca terkasih judul tulisan ini terdapat kata "NETWORKING". Networking adalah cara untuk bertukar informasi dan saling terhubung antar teman, sahabat atau kerabat yang memiliki hobby yang sama. Misalnya hobby menulis maka bisa bergabung dengan komunitas blogger, pencinta drakor (Drama Korea) atau hal - hal lain yang memiliki kemiripan antara anda dengan yang lainnya. Di sana sobat akan berkolaborasi dan berbagi informasi atas dasar kesukaan yang sama.

Kata Networking yang saya maksudkan dalam konteks tulisan ini adalah mereka yang memiliki kesamaan dan minat yang sama dalam bisnis multi level marketing atau pemasaran berjenjang, seperti Atomi, Asuransi Central Asia dan lain sebagainya.
Pastikan 3 Hal ini Sebelum Bergabung dengan Bisnis Jaringan Agar Tidak Kecewa
3 I Networking CAR
Sobat pada saat kondisi ekonomi yang tidak stabil seperti ini, banyak yang mengajak join bisnis, salah satunya bisnis jaringan (networks). Contohnya seperti CAR 3I networks, Atomi Indonesia, tranding dan lain - lain. Menurut saya, pada prinsipnya semua bisnis itu baik. Namun untuk bisnis jaringan (networks) perlu dipastikan 3 hal berikut ini.

 Legalitas Perusahaan

Ini hal paling pertama yang perlu kita pastikan. Sederhana alasanya, dalam bisnis jaringan kita ajak orang. Bila legalitas perusahaan tidak jelas lantas bagaimana dengan orang yang sudah terlanjur kita ajak?

Kita harus bertanggung jawab karena kita orang yang mengajak mereka. Jangan sampai sudah begitu banyak orang yang kita ajak dan ternyata perusahaannya bodong.

Maka harus dipastikan;

  1. Kantor fisiknya ada atau tidak.
  2. Terdaftar secara resmi atau tidak di Negara.

Market Plen

Market plen bicara tentang cara kerjanya seperti apa dan produknya apa. Ini bagian kedua yang harus kita pahami karena menyangkut pasaran yang akan kita target. Misalnya pasaran kita adalah orang ekonomi menengah ke bawah. Sedangkan produk kita adalah tranding yang harus investasi 9 juta duluan.

Ini akan menimbulkan stagnan. Tidak akan jalan bisnis tersebut. Jadi harus benar - benar dipastikan market plennya.

Suport Sistem

Ini sangat penting, beberapa kali saya "terjebak" dalam rayuan maut orang yang ajak.

  1. Ini mudah
  2. Ini simpel
  3. Nanti kamu dapat 10 juta tiap bulan, dan

Banyak macam rayuan maut lainya. Setelah bergabung kita dibiarkan bingung sendiri. Sobat saya beberapa kali terjebak dalam situasi itu.

Tips saya untuk kamu

  1. Pastikan ada kelas online atau offline ada atau tidak.
  2. Tersedia panduan yang cukup dan mudah diakses.
  3. Pastikan leadernya bisa dipercaya, bertanggung jawab dan bisa diajak berkomunikasi.

Demikian 3 hal yang perlu dicek sebelum memutuskan Join di bisnis berbasis jaringan (Networks).

Cara Menumbuhkan Leadership Skill dalam Bisnis Jaringan

Saya meyakini bahwa setiap orang memiliki jiwa kepemimpinan dalam dirinya. Jadi ketika kita bicara tentang leadership berarti kita sedang berbicara tentang diri kita sendiri, "Apakah saya sudah bisa memimpin diri saya sendiri?" pertanyaan refleksi sebelum membaca tulisan sederhana ini.

Seoarang leader dalam bisnis jaringan sangat penting perannya. Ini tidak mudah menurut saya karena menyatukan orang dari berbagai latar belakang yang berbeda menuju satu tujuan yang sama, yakni kemajuan perusahan dan tim bisnis bisa berkembang.

Kemampuan mendengarkan adalah skill penting dan mendasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Ilmu leadership sehebat apapun menurut saya tidak akan berarti apa - apa jika tidak memiliki kemampuan mendengarkan dan bertanya. Lebih dari itun adalah bisa memimpin diri sendiri sebelum memimpin orang lain.
Pastikan 3 Hal ini Sebelum Bergabung dengan Bisnis Jaringan Agar Tidak Kecewa
Basu (Berkah Amanah Selalu)
Setiap orang dapat belajar untuk menumbuhkan leadership skill untuk memaksimalkan pekerjaan. Selain menguntungkan perusahaan untuk mencapai tujuannya, kemampuan untuk memimpin ini juga menguntungkan untuk masing-masing individu. Kemampuan ini juga membuat seorang individu kuat dan mampu dalam mengatasi masalah hidupnya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengembangkan kemampuan leadership:

Berlatih untuk disiplin pada waktu

Salah satu cara untuk menerapkan kemampuan untuk memimpin adalah berlatih untuk disiplin waktu. Menjadi pribadi yang disiplin akan meningkatkan kredibilitas orang lain terhadap Anda. Maka dari itu, penting untuk belajar dan menerapkan hal ini pada pribadi masing-masing. Jika Anda merasa kesulitan dalam menerapkan hal ini, cobalah mulai dari hal kecil seperti berolahraga setiap pagi, membersihkan kamar secara rutin, dan mulai biasakan untuk mengerjakan suatu hal dari yang kecil sampai besar.

Menginspirasi orang lain

Cara Menumbuhkan Leadership Skill dalam Bisnis Jaringan
Bersama tim kecil yang saya punyai di komunitas bisnis mama grup pipa duit
Menjadi seorang pemimpin membuat Anda secara tidak langsung menjadi bagian dari suatu tim. Seorang pemimpin harus dapat memotivasi dan menginspirasi orang lain agar dapat bekerja sama sebaik mungkin. Ketika seseorang dalam tim membutuhkan motivasi atau dorongan, berikan kepadanya. Kadang, yang dibutuhkan oleh orang lain hanyalah pendengar dan orang yang bersimpati kepadanya.

Berdayakan rekan tim

Memberdayakan rekan tim berguna untuk mencapai target dengan lebih efisien dan mudah. Akan terasa berat dan lama jika Anda menyelesaikan pekerjaan sendiri. Memberdayakan rekan tim juga berarti memaksimalkan pekerjaan dan juga melatih skill orang tersebut. Pemimpin yang sukses tahu, banyak pekerja atau karyawan yang menganggap atasan sebagai musuh alami mereka.

Tekun

Pemimpin tidak ada yang terbentuk dalam waktu satu malam. Tiap pemimpin memiliki tugas wajib untuk terus berusaha, disiplin & mengerjakan seluruh tugas secara baik dan optimal. Seiring berjalannya waktu maka kemampuan kepemimpinanmu akan terus bertambah.

Kesimpulan

Setiap orang memiliki waktunya masing-masing dalam berkarir dan mengembangkan diri. Jangan terlalu memaksakan diri untuk memiliki sebuah skill segera dan sedini mungkin. Tetaplah berusaha karena kita tidak dapat memiliki sebuah kemampuan baru secara instan. Beberapa cara di atas dapat Anda coba dan kembangkan sendiri untuk memaksimalkan dan melatih kemampuan leadership.

Baca Juga
Terbaru Lebih lama
Martin Ruma
Montir di Bengkel Kata. Pernah menjadi guru dan blogger. Ini 'Rumah Online' saya, Tempat saya mendokumentasikan catatan Perjalanan, Pemikiran & Refleksi pribadi. Usaha sederhana untuk melawan lupa karena faktor usia.

Artikel Terkait

Posting Komentar