BZWI8C3qMxmdvudEkXnedhGzdjepF89oa9U6FDLb

Artikel Pilihan

Ini Dia 3 Manfaat Menulis di Blog Bagi Siswa dan Pelajar Indonesia

Ini Dia 3 Manfaat Menulis di Blog Bagi Siswa dan Pelajar Indonesia
Martin Ruma bersama siswa-siswi Eskul Jurnalistik dan Menulis Kreatif Berpose bersama Tim Nulis.Id
Menulis salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa sebelum menjadi mahasiswa. Ada 3 alasan paling mendasar mengapa menulis sangat penting bagi seorang pelajar.

Manfaat Menulis di Blog yang Pertama adalah Terlatih sebelum Menulis Skripsi.

Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau kamu akan menulis skrpsi, jika kuliah. Syarat seorang mahasiswa di Perguruan Tinggi di Indonesia adalah menulis skripsi. Tidak ada pilihan lain lagi, menulsi skrpsi satu-satunya pilihan itu. Jadi jika saat ini kamu memiliki blog dan menulis, itu pilihan terbaik, karena kamu akan melatih dirimu untuk menyampaikan ide dan gagasan secara tertulis. Dampak yang akan kamu rasakan saat kuliah adalah terlatihnya kemampuan menulis kamu. Ada 3 alasan mendasar mengapa kamu harus menulis di blog.

  1. Blog adalah media sosial yang diperuntukan untuk menyampaikan ide dan gagasan melalui tulisan.
  2. Blog bersifaat kekinian, karena blog adalah produk dari perkembangan teknologi terkini. Sedangkan kamu lahir pada masa di mana teknlogi menjadi faktor penentu dalam bekerja.
  3. Blog bersifat fleksibel. Daripada kamu menulis di buku catatan akan lebih baik jika kamu menulis di blog karena hanya dengan modal HP yang terkoneksi internet kamu bisa menulis kapan saja dan di mana saja.

Manfaat Menulis di Blog yang Kedua adalah Belajar Kapan Saja dan Di mana saja

Saat kamu menulis rangkuman hasil belajar di blogmu, kamu bisa belajar lagi kapan saja dan di mana saja. Tidak perlu menunggu jam pelajaran dan duduk manis di kelas. Misalnya Sabtu keluarga minta liburan ke Bandung, kamu tidak perlu membawa satu tas berisi buku pelajaran. Cukup melalui gadjatmu kamu sudah bisa belajar. Sehingga saat pulang liburan dan Senin harus ujian kamu sudah siap. 

Membangun Personal Branding Sejak Dini

Saat kamu memilih jurusan tertentu di Perguruan Tinggi, sebenarnya kamu sedang membangun brandmu. Kamu ingin dikenal sebagai apa. 
  • Ahli Bahasa Program kah?
  • Seorang desainer kah?
  • Guru kah?
  • Penulis kah?.
Dengan menulis di blog sebenarnya kamu telah selangkah lebih maju dari yang lain, karena sebelum menulis tentunya kamu melakukan riset terlebih dahulu tentang topik yang ingin dibahas. Dengan demikian kamu telah belajar hal - hal yang akan menjadi passionmu dikemudian hari.

Itulah tiga manfaat menulis di blog bagi siswa dan pelajar Indonesia. Bila kalian merasa menulis itu susah maka baca tips untuk mengatasi susah memulai menulis di blog. 

Bila kalian belum mempunyai blog baca Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog Tahun 2023. Sedangkan yang sudah punya blog, tetapi blognya belum sesuai keinginan, coba baca Panduan Desain Blog yang Menarik dan Mudah Tahun 2023.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan sukses selalu.
Baca Juga
Martin Ruma
Montir di Bengkel Kata. Sharing personal tentang Parenting, Guru, Menulis, LDK dan Blogging.

Artikel Terkait

Posting Komentar